abstrak

Minggu, 09 April 2017

MODUL G. MP 1 MELAKSANAKAN EDITING VIDIO. KP 1 PENGENALAN ADOBE PREMIERE

1.    Pengenalan Adobe Premiere

Adobe Premiere CS4 dibuat oleh Adobe System Inc, yang merupakan versi pembaharuan dari beberapa versi Adobe Premiere terdahulu. Adobe Premiere CS4 mulai diluncurkan ke pasaran pada bulan Agustus tahun 2013. Mulai versi 6.0 Adobe Premiere dapat digunakan untuk mengedit file video dengan format DV. Adobe Premiere telah menjadi program standar bagi para profesional dalam bidang digital video.
2.    Fitur Baru Adobe Premiere CS4
Pada versi baru ini Adobe Premiere CS4 hadir dengan tampilan baru, tetapi lebih simple dari para pendahulunya. Penamaan efek video serta transisinya sedikit mengalami perubahan sehingga membutuhkan waktu bagi para pengguna versi lama  untuk menyesuaikan diri dalam tampilan yang baru ini.

3.    Kebutuhan Komputer untuk Menjalankan Adobe Premiere CS4
PC (Personal Computer) digunakan untuk mengolah file video baik proses capture maupun editing menggunakan software Adobe Premiere CS4. PC yang akan digunakan minimal harus memiliki spesifikasi sebagai berikut :
·   Prosesor 2 GHz atau prosesor yang lebih cepat untuk DV; 3.4 GHz untuk HDV; dual 2,8 GHz untuk HD
·   Microsoft® Windows Vista® , Windows 7 atau di atasnya (64-bit)
·   RAM 4 GB
·   ruang hard-disk 100 GB yang tersedia untuk instalasi; ruang kosong tambahan diperlukan selama instalasi (tidak dapat menginstal pada perangkat penyimpanan berbasis flash)
·   layar 1280 x 900 dengan OpenGL 2.0 video card yang kompatibel
·   hard drive Dedicated 7200-RPM untuk DV dan HDV editing; disk array bergaris penyimpanan (RAID 0) untuk HD; SCSI subsistem disk disukai
·   Untuk workflow SD / HD, Adobe-bersertifikat kartu untuk capture dan ekspor ke kaset
·   port OHCI-kompatibel IEEE 1394 untuk DV dan HDV capture, ekspor ke kaset, dan mengirimkan ke perangkat DV
·   DVD-ROM drive (DVD + -R burner diperlukan untuk membuat DVD)
·   Driver Model Microsoft Windows - atau kartu suara ASIO kompatibel
·   QuickTime diperlukan untuk menggunakan fitur QuickTime
·   Koneksi internet broadband diperlukan untuk layanan online

A.   Aktifitas Pembelajaran

1.    Aktivitas Pembelajaran 1.1: Instalasi Adobe Premiere Pro CS4
Setelah mempersiapkan seluruh perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan maka yang harus dilakukan kemudian adalah menginstal software Adobe Premiere Pro CS4 ke dalam komputer.

Setelah software  Adobe Premiere Pro CS4  terinstalasi pada komputer maka siap digunakan untuk proses capture(transfer) dan editing video dari DV Camcorder.
2.    Aktivitas Pembelajaran 1.2: Memulai Adobe Premiere Pro CS4
Jalankan program Adobe Premiere Pro CS4 yang telah kita install dengan cara pilih Start > All Program >Adobe Premiere Pro CS4. Cara lain adalah klik 2 kali, shortcut yang teresedia pada Desktop atau klik pada shortcut toolbar Windows. Tampilan awal program seperti gambar berikut.
Gambar 1.1 Adobe Premiere Pro CS4

3.    Aktivitas Pembelajaran 1.3: Membuat Project Baru dan Mengatur Setting Dasar
Setelah menjalankan Adobe Premiere Pro CS4 maka langkah selanjutnya membuat project baru dan mensettingnya, langkahnya sebagai berikut :
1.    Klik tombol New Project yang terdapat pada kotak dialog pembuka. Maka akan tampil kotak dialog New Project.
Gambar 1.2 New Project

2.    Pada Location Saudara klik Browse, pilih folder Project Files di My Documents atau lokasi hardisk tempat Saudara meletakkan folder Project Files.
Gambar 1.3 Tempat penyimpanan
3.    Beri nama Proyek baru pada kotak Name. Untuk setting yang lain Saudara biarkan saja sesuai dengan nilai default, klik OK.
4.    Pada kotak dialog New Sequence, Saudara klik tombol drop down DV-NTSC, lalu pilih Standard 48kHz.
Gambar 1.4 Setting sequence
5.    Beri nama Workspace pada kotak Sequence Name. Pada tab General dan Tracks Saudara dapat mengatur lagi setting Sequence dan jumlah track video atau audio, untuk kali ini Saudara biarkan saja, lalu klik OK.
6.    Area kerja Adobe Premiere Pro CS4.
Gambar 1.5 Area Kerja Adobe Premiere

4.    Aktivitas Pembelajaran1.4: Mengenal Area Kerja Adobe Premiere ProCS4
Garis besar lingkungan kerja Adobe Premiere Pro CS4 terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :
1.    Project window, yang berada pada sebelah kiri atas.
2.    Monitor window, yang berada di sebelah kanan atas.
3.    Timeline window, yang berada di sebelah kiri bawah.
4.    Tools window, yang berada di sebelah kiri bawah.
Gambar 1.6 Mengenal Area kerja Adobe Premiere

a.    Project Window
Project window adalah tempat dimana Saudara menyimpan klip / footage (sebutan bagi file yang digunakan dalam digital video production) yang berupa file image, audio, title dan video yang akan digunakan dalam proses editing. Project window memiliki 2 bagian yaitu Tab Project yang berisi daftar klip dan Tab Effects yang berisikan daftar efek audio, transisi audio, efek video dan transisi video.
Gambar 1.7 Project Window

Gambar 1.8 Effects

b.    Monitor Window
Monitor window terdiri dari Source Monitor Window dan Sequence Monitor Window, di sebelah kiri merupakan Source Monitor Window, sedangkan sebelah kanan merupakan Sequence Monitor Window. Source Monitor Window sangat berguna dalam proses trimming video nantinya, dan Sequence Monitor Window digunakan untuk melihat preview hasil editing pada Timeline.
Gambar 1.9 Monitor Window
c.    Timeline Window
Timeline Window adalah tempat untuk menyusun dan menempatkan klip / footage untuk kemudian diedit. Dinamakan timeline karena bekerja berdasarkan waktu (secara horisontal). Sedangkan secara vertical Timeline dibagi dalam “track”, yang terdiri dari track Vdieo dan Audio. Adobe Premiere Pro CS4 menggunakan format SMPTE dalam satuan waktunya. SMPTE (Society of Motion Picture and Television Engineer) adalah organisasi dari orang-orang film dan pertelevisian Internasional. Satuan format SMPTE adalah berdasarkan Jam:Menit:Detik:Frame. Misalnya 00 : 05 : 15 : 19 artinya kita berada pada posisi menit ke-5, detik ke-15, dan frame ke-19. Dengan format ini kita akan tahu durasi dari sebuah movie.
Gambar 1.10 Timeline Window

d.    Tools Window­­­­­­
Tools window berisikan tombol Selection Tool, Track Selection Tool, Ripple Edit Tools, Rooling Edit Tool, Rate Scracth Tool, Razor Tool, Slip Tool, Slide Tool, Pen Tool, Hand Tool, Zoom Tool yang nantinya banyak digunakan dalam proses editing video.
Gambar 1.11 Tool Window

Tidak ada komentar:

Posting Komentar